Pernahkah Anda mempertimbangkan posisi atau tempat menyimpan sikat gigi dengan baik? Ternyata, sikat dengan fungsi membersihkan gigi dan mulut ini bisa jadi lokasi berkembang biaknya bakteri jika diletakkan sembarangan. Apalagi untuk Anda yang menyimpan sikat gigi lembut di dekat toilet. Otomatis, sikat akan terekspos jutaan bakteri. Agar tidak terjadi, simak tips berikut.

Tips Menyimpan Sikat Untuk Gigi Yang Baik

  1. Posisi Sikat Harus Tegak

Jangan menyepelekan posisi sikat. Pada dasarnya, Anda harus menyimpan sikat dalam keadaan bersih baik itu setelah atau sebelum pemakaian. Kondisi bersih yang dapat dijadikan acuan adalah tidak ada bekas pasta gigi atau kotoran yang tertinggal. Karenanya, ada baiknya untuk mencucinya dengan bersih dan cek kebersihan celah bulu sikat.

baca juga : cara menympan deterjen

Setelah itu, simpan sikat tersebut dalam posisi berdiri tegak. Alasan utamanya adalah agar air bekas mencuci tersebut dapat mengalir dan berkurang secara maksimal. Hindari posisi tertidur, terbalik, atau berdiri dengan kepala di bawah. Kotoran dan air yang tidak menghilang dapat membuat sikat gigi lembut lembab, kotor, bahkan tumbuh sebagai rumah bakteri. 

  1. Ada Baiknya Disimpan Jauh Dari Sikat Gigi Lainnya

Jika Anda berumah tangga, ada baiknya memisahkan satu sikati dari lainnya. Biasanya, Anda bisa menggunakan holder sehingga sikat akan tidak akan saling kontak. Namun, Anda juga dapat menyimpan di dalam gelas. Intinya adalah agar bulu yang ada pada sikat tidak bersentuhan dengan lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kontaminasi bakteri.

  1. Hindari Meletakkan Sikat Dekat Dengan Toilet Atau Wastafel

Namun dalam hal menyimpan sikat gigi, wajib hukumnya untuk tidak mendapatkannya dengan toilet, wastafel, atau produk pembersih. Sikat gigi lembut harus disimpan setidaknya tiga kaki dari toilet dan wastafel. Dijauhkan dari produk pembersih lainnya juga dilakukan untuk mengurangi risiko keracunan bahan keras. Seperti produk pembersih lantai atau detergen.

  1. Jika Bisa, Tempat Sikat Harus Di Tempat Terbuka

Buka berarti di luar ruangan, namun pastikan tempat menyimpan atau kamar mandi memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini ditujukan agar sikat untuk gigi dapat kering dengan lebih cepat dan bersih. Sikat yang kering pun tidak akan mengundang jamur atau lembab. Jangan pula posisikan bulu menghadap tembok, untuk hindari serangga atau hewan lain hinggap. 

  1. Gunakan Tas Untuk Peralatan Kebersihan Saat Berpergian

Kontak yang terjadi pada sikat dapat berakibat fatal pada kesehatan gigi dan mulut. Karena itu saat berpergian ada baiknya untuk mempertimbangkan tas terpisah atau cover khusus untuk sikat gigi lembut. Dengan begitu, bulu tidak akan bersentuhan dengan produk atau permukaan lain. Dan juga pastikan Anda menyimpannya dalam kondisi kering. 

Baca juga : kelebihan pembersih toilet

Dari sekian tips tersebut, bisa diambil garis merah bahwa lokasi simpan, posisi, dan kontak sikat menjadi perhatian penting. Mengingat bahwa sikat akan masuk ke dalam mulut, maka kebersihannya bersifat mutlak. Tidak hanya itu, pastikan Anda menggunakan produk berkualitas baik untuk sikat atau produk kebersihan lainnya. Yang mana dapat dibeli dari aplikasi Olaif yang sudah terpercaya.